Sabtu, 06 Januari 2018

Cara Menginstal Notebook Acer ES1-132

Notebook dari Acer satu ini memang memiliki keunikan tersendiri, mulai dari tombol powernya yang sudah menyatu dengan keyboard (bagaimana jika keyboard rusak dan tombol power yang kena? hehe..) dan “katanya” sistem operasi yang didukung hanya Windows 10 saja. Untuk menginstal ulang notebook inipun harus dilakukan dengan cara khusus, karena jika tidak maka bootable pada biosnya tidak akan muncul atau terdeteksi oleh bios. Pada artikel sebelumnya saya pun pernah memposting Cara Setting Bios Acer Aspire ES 14 (ES1-432) dan Aspire ES11 Untuk Instal Sistem Operasi.
Berdasarkan pengalaman saya sendiri, menginstall laptop inipun sempat memakan waktu yang lama karna masalah bootable yang tidak terbaca pada notebook ini, padahal pada laptop lain bootable yang saya gunakan terbaca pada biosnya. OS yang di instalpun saat bawaan notebook ini adalah OS linux.
Berualang kali utak atik sana sini mulai dari unlock bios sampai ganti format flashdisk menjadi fat32 pun tetap tidak bisa. Setelah sedikit berselancar di mbah google kesana kemari ternyata dapat juga solusinya, yaitu bootable dibuat dengan aplikasi rufus, yang saya gunakan adalah rufus-2.12, teman-teman bisa mencari dan mengunduhnya dan harus mengganti format partition hardish dari MBR menjadi GPT. Berikut adalah screenshot settingan aplikasi rufus untuk pembuatan bootable:
Ubah yang di kotak merah menjadi GPT partition dan File system tetap NTFS kemudian Klik start dan tunggu sampai bootable selesai dibuat.
Setelah pembuatan bootable selesai, selanjutnya masukan kembali Flashdisk ke laptop Acer ES1-132 dan masuk bios dengan F2. Dan taraaaaaa!!! USB bootable terdeteksi oleh bios dan windowspun bisa di install di notebook Acer ES1-132. 
Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk anda semua, Jika ada pertanyaan atau keluhan maupun kesulitan-kesulitan yang lain masalah seputar dunia computer bisa langsung beri komentar di kolom komentar dibawah ini. Semua informasi-informasi di situs Cinos Computer adalah gratis, silakan Anda manfaatkan sebaik-baiknya. Anda bisa membaca artikel atau konten-konten kami yang lain dengan memilih label yang tersedia di sebelah kanan layar. 
Jangan sungkan untuk mampir . Selamat Mencoba.

14 komentar:

  1. Thanks gan sangat membatu
    Mampir juga DemamIT.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tips Dan Trik Computer: Cara Menginstal Notebook Acer Es1-132 >>>>> Download Now

      >>>>> Download Full

      Tips Dan Trik Computer: Cara Menginstal Notebook Acer Es1-132 >>>>> Download LINK

      >>>>> Download Now

      Tips Dan Trik Computer: Cara Menginstal Notebook Acer Es1-132 >>>>> Download Full

      >>>>> Download LINK Uk

      Hapus
  2. iya pake gpt win 7 nya, tapi ga kan bs di aktivasi pake winloader...

    BalasHapus
  3. Trimakasih gan... sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, jangan lupa mampir ke chanel Youtube saya ya ka

      https://www.youtube.com/channel/UCXu073o9TdII_YZ0hJLG4tw?view_as=subscriber

      Hapus
  4. Flashdisk sudah terdetec si gan..tapi kok ada pesan eror ya gan wkt booting..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan image windowsnya bermasalah ka, coba buat Flasdisk botable ulang dengan image iso windows yang baru

      Hapus
  5. Punten bang, udah ikutin steps nya kok masih ga kedetect ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dipastikan dulu ka flasdisknya original atau tidak, biasanya kalau flasdisk yg tidak original itu tidak bisa digunakan untuk booting.

      Hapus
  6. Sangat membantu gan! Thanks udah bagi ilmu nya

    BalasHapus
  7. Sudah saya ikuti langkah dari awal gan, tapi fd masih tidak terdeteksi, infi notebooknya aspire es 14. mohon bantuanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dipastikan blm ka Flasdisk bootable nya bisa boot di laptop lain, khawatir masalahnya di flasdisk bootable nya jadi tidak terseteksi

      Hapus

Cara Mengatasi Flashdisk Yang File-nya Menjadi Shortcut

Suatu ketika saya ingin mengcopy file ke flashdisk teman saya, saya menemukan bahwa file dalam flashdisk tersebut kosong dan hanya ada ...