Kamis, 16 Mei 2019

Cara Mengetahui Jenis Partisi Hard Disk, Apakah GPT atau MBR



Sebelumnya saya akan mencoba menjelaskan Sedikit tentang APA ITU MBR dan GPT? dan Apa Perbedaanya? Master Boot Record (MBR) adalah informasi yang terletak di sektor pertama pada setiap hardisk ataupun disket yang mengidentifikasikan bagaimana dan di lokasi mana sistem operasi disimpan, sehingga sistem operasi dapat dimuat ke ruang penyimpanan utama komputer atau RAM untuk kemudian dijalankan.


Sedangkan GUID PARTITION TABLE (GPT) adalah bagian dari EFI System, yang mana GPT ini mendefinisikan Standar Layout Tabel partisi pada Hard Disk mengunakan Global Uniqui Identifier (GUID).

Perbedaan Dari MBR dan GPT
1.      MBR hanya mendukung kapasitas penyimpanan hingga 2 TB saja, Sedangkan GPT mendukung kapasitas penyimpanan hingga 9 ZB atau setara dengan 9000 TB
2.      GPT dapat dibagi menjadi 128 partisi Hard Disk, Sedangkan MBR hanya dapat dibagi menjadi 4 partisi.

Mungkin itu sedikit penjelasan tentang MBR dan GPT, Semoga dapat dipahami dengan baik. Lalu BAGAIMANA CARA MENGETAHUI JENIS PARTISI HARD DISK ANDA..? Cermati Langkah-langkah berikut ini:

1.      Buka Windows Explorer anda

2.      Klik kanan pada This PC à Pilih Manage

3.      Pilih Disk Management

4.      Klik kanan pada Disk 0

5.      Jika tertulis Convert to MBR Disk, maka jenis partisi anda adalah GPT. Sedangkan jika tertulis Convert to GPT Disk, maka jenis partisi anda adalah MBR

Cara mengetahui Jenis Partisi Hardisk MBR atau GPT dengan Disk Part.



1.      Langkah pertama buka cmd as administrator Ingat ! CMD as Administrator. Caranya adalah dengan klik start, ketik cmd pada kolom pencarian, jika muncul, silahkan klik kanan kemudian pilih run as administrator.
2.      Setelah halaman atau jendela cmd as administrator telah terbuka, silahkan ketik DIskpart, kemudian tekan tombol enter pada keyboard.
3.      Selanjutnya, silahkan ketik perintah List Disk kemudian tekan tombol enter untuk menampilkan daftar hardisk yang terhubung ke computer anda.
4.      Silahkan lihat pada daftar hardisk yang ditampilkan pada halaman Diskpart tersebut terdapat seperti table, dimakan pada kolom terakhir terdapat kolom GPT. Hardisk yang menggunakan table partisi GPT akan ditandai dengan adanya tanda bintang atau *

Pada gambar diatas, kedua hardisk menggunakan jenis table partisi GPT, maka kedua hardisk ditandai dengan tanda bintang * pada kolom GPT.


Pada gambar berikut ini, admin mencoba melakukan percobaan dengan merubah jenis table partisi Disk 1 menjadi MBR dan setelah dilihat dengan diskpart, maka tanda bintang hanya ada pada Disk 0 saja. Disk 1 tidak memiliki tanda bintang karena Disk 1 bukan lagi menggunakan jenis partisi GPT, melaunkan telah berubah menggunakan MBR.


5.      Selesai.

Itulah du acara mudah dan sederhana untuk mengetahui apakah suatu hardisk menggunakan jenis table partisi MBR ataukah menggunakan table partisi GPT. Dengan dua cara diatas, maka kita dapat dengan mudah melihat dan mengetahui jenis-jenis partisi yang ada pada hardisk kita.

Jika anda memiliki pertanyaan seputar tutorial tentang du acara mengetahui jenis partisi Hardisk GPT atau MBR, silahkan sampaikan pertanyaan anda melalui kolom komentar yang tersedia.
Jika anda merasa terbantu dengan tutorial yang admin tutorialengkap bagikan, silahkan share tutorial ini ke teman anda yang membutuhkan. Terimakasih telah berkinjung dan sampai jupa pada tutorial berikutnya.

3 komentar:

  1. This way my friend Wesley Virgin's report launches with this shocking and controversial video.

    You see, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he unveiled hidden, "self mind control" tactics that the government and others used to get whatever they want.

    THESE are the same methods many celebrities (especially those who "come out of nothing") and top business people used to become wealthy and famous.

    You've heard that you use less than 10% of your brain.

    That's mostly because the majority of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.

    Perhaps that conversation has even occurred INSIDE your own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head about seven years ago, while riding an unlicensed, beat-up garbage bucket of a car with a suspended license and with $3 in his bank account.

    "I'm very frustrated with going through life check to check! Why can't I turn myself successful?"

    You've been a part of those those types of conversations, ain't it right?

    Your own success story is waiting to start. All you have to do is in YOURSELF.

    CLICK HERE TO LEARN WESLEY'S SECRETS

    BalasHapus
  2. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    BalasHapus
  3. Tips Dan Trik Computer: Cara Mengetahui Jenis Partisi Hard Disk, Apakah Gpt Atau Mbr >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Tips Dan Trik Computer: Cara Mengetahui Jenis Partisi Hard Disk, Apakah Gpt Atau Mbr >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Tips Dan Trik Computer: Cara Mengetahui Jenis Partisi Hard Disk, Apakah Gpt Atau Mbr >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus

Cara Mengatasi Flashdisk Yang File-nya Menjadi Shortcut

Suatu ketika saya ingin mengcopy file ke flashdisk teman saya, saya menemukan bahwa file dalam flashdisk tersebut kosong dan hanya ada ...