Rabu, 26 Desember 2018

16 Fitur Baru Windows 10 October 2018 Update (Part 2)


Melanjutkan Artikel sebelumnya (16 Fitur Baru Windows 10 October 2018 Update Part 1) yang sudah di jelaskan dari Poin pertama (1) sampai Poin ke tujuh (7) dan sekarang kita lanjut ke Poin Kedelapan (8) dan seterusnya.


8. Pembaharuan pada Notepad
Fitur selanjutnya adalah ditambahkannya sentuhan baru pada salah satu tool yang selama ini dianggap kaku sehingga jarang digunakan, yaitu Notepad. Perubahan tersebut diantaranya ditambahkannya Line Breaks dari Linux atau Mac. Sehingga, jika anda membuka file yang berasal dari Linux atau Mac menggunakan Notepad, maka tidak akan berantakan lagi seperti pada versi sebelumnya.
Perubahan selanjutnya adalah dimana anda dapat melakukan pencarian Bing dengan keyword dari teks Notepad. Caranya cukup blok teks yang akan dicari kemudian klik kanan dan pilih Search with Bing. Maka browser akan terbuka dan langsung menampilkan hasil pencarian anda. Tidak hanya itu, anda juga kini bisa melakukan Zoom pada Notepad yang ditandai dengan adanya submenu Zoom pada menu View. Dan masih banyak lagi perubahan lainnya dari Notepad yang dapat anda telusuri.
9. Power Usage pada Task Manager
Fitur baru Windows 10 October 2018 Update yang selanjutnya adalah ditambahkannya informasi terkait Power Usage pada Task Manager. Tidak hanya Power Usage saja, Power Usage Trend juga ikut ditambahkan untuk mempermudah anda memonitor penggunaan daya pada Windows 10. Keduanya bisa anda gunakan untuk memonitor aplikasi mana saja yang menggunakan daya tinggi hingga rendah. Dengan demikian, anda dapat melihat daftar aplikasi yang membuat baterai Laptop cepat habis.
10. Pengaturan Font Size
Fitur baru yang tidak kalah menarik adalah dimana anda dapat mengatur ukuran font pada semua bagian Windows melalui satu pengaturan. Anda bisa dengan sangat mudah mengatur ukuran teks melalui Settings > Ease of Access > Display. Pada bagian tersebut, silahkan geser slider untuk mengatur ukuran teks sesuai keinginan anda.
11. Autocomplete pada Regedit
Fitur baru yang satu ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang senang mengutak-atik Windows. Pada Windows 10 October 2018 Update telah ditambahkan fitur Autocomplete pada Regedit. Registry Editor yang sudah ditambahkan fitur Autocomplete akan memudahkan anda untuk menemukan string registry yang dicari.
12. Support HDR
Fitur baru selanjutnya adalah adanya dukungan HDR pada Laptop yang menggunakan Windows 10 versi terbaru ini. Tentu saja ini akan sangat bermanfaat jika anda senang menggunakan layar monitor dengan resolusi besar, misalnya saja 4K dengan dukungan HDR. Windows 10 October 2018 Update kini punya opsi khusus untuk melakukan pengaturan HDR di Settings > Display > Windows HD Color. Pada pengaturan ini akan ditampilkan layar yang anda gunakan support HDR untuk apa saja, mulai dari video stream, game, aplikasi, dll.
13. Windows Security
Perubahan lain yang hadir pada Windows 10 October 2018 Update adalah adanya pergantian nama Windows Defender menjadi Windows Security. Antivirus bawaan Windows ini juga menambahkan beberapa fitur keamanan baru. Misalnya saja fitur anti ransomware yaitu Controlled Folder Access yang dengan mudah anda bisa atur aplikasi apa saja yang punya akses ke folder tersebut. Tentu saja ini akan memudahkan anda melindungi data dari ransomware dan tetap mengizinkan aplikasi tertentu untuk mengaksesnya.
14. Focus Assist Otomatis
Fitur selanjutnya adalah perubahan pada Focus Assist Windows 10 yang merupakan sebutan lain dari fitur Do Not Distrub. Fitur ini pada dasarnya dibuat agar anda tidak diganggu oleh notifikasi ketika melakukan aktifitas tertentu. Pada Windows 10 October 2018 Update, Focus Assist akan aktif secara otomatis ketika anda memainkan game dengan layar fullscreen. Artinya, anda tidak perlu mengaturnya secara manual dan tetap tidak terganggu oleh notifikasi selama bermain game.
15. Emoji Baru
Adanya Emoji Baru merupakan fitur selanjutnya pada Windows 10 October 2018 Update. Pada versi Windows 10 ini sudah disertakan 157 emoji dari Unicode 11, dan beberapa diantaranya merupakan emoji baru yang tidak tersedia pada Windows 10 versi sebelumnya. Anda cukup menekan Windows + titik untuk membuka panel emoji di Windows. Selanjutnya silahkan eksplorasi dan gunakan emoji baru yang ada, termasuk emoji superhero, teddy bear, dsb.
16. Menu Linux Shell di File Explorer
Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa pada Windows 10 anda dapat menginstall dan mengeksekusi bash Linux. Kini pada Windows 10 October 2018 Update, dari dalam File Explorer anda bisa langsung menjalankan Linux Shell. Caranya cukup tekan tahan Shift + klik kanan, maka akan muncul opsi Open Linux Shell Here, dan bash Linux akanterbuka di folder tersebut.
Itulah 16 daftar fitur baru yang tersedia pada Windows 10 October 2018 Update. Bagi anda yang sudah menginstall versi terbaru Windows 10 ini maka silahkan langsung coba sendiri dan anda dapat Memesan di toko online seperti Bukalapak atau TokoPedia dalam Bentuk Flasdisk. Sementara jika anda belum menggunakan Windows 10 October 2018 Update, maka daftar diatas dapat anda jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan upgrade Windows.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Mengatasi Flashdisk Yang File-nya Menjadi Shortcut

Suatu ketika saya ingin mengcopy file ke flashdisk teman saya, saya menemukan bahwa file dalam flashdisk tersebut kosong dan hanya ada ...