Rabu, 17 April 2019

Mengenal Apa Itu Motherboard



Motherboard atau yang biasa disebut juga dengan mainboard merupakan sebuah papan sirkuit utama yang menghubungkan berbagai komponen elektronik pada komputer. Mengapa motherboard sendiri merupakan bagian utama pada komputer? karena pada motherboardlah perangkat keras komputer disatukan seperti Processor, RAM, Hard Disk, DVD Drive, Sound Card, Video Card, LAN Card, WiFi dan masih banyak lagi.

Lalu apa saja sih komponen utama pada motherboard? seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya motherboard merupakan tempat menyatukan berbagai perangkat keras komputer tentu motherbord sendiri punya komponen utama disini akan saya terangkan bagian-bagian utama motherboard pada umumnya.
1. Chipset
Fungsi utama dari chipset adalah mengatur aliran data antar komponen yang terpasang pada motherboard. Karena kerja dari chipset sendiri cukup berat makanya pada motherboard chipset sendiri dipasang heatsink agar tetap dingin.
2. Socket Processor
Fungsi dari socket processor sendiri adalah tempat dimana kita memasang processor pada motherboard. Sebelum adanya socket processor dahulu processor sendiri berbentuk slot seperti LAN card dan ukurannya juga cukup besar. Untuk jenis socket processor sendiri jenisnya berbeda-beda tergantu processor apa yang akan kita gunakan.
3. Slot RAM
Seperti dengan namanya slot RAM sendiri gunanya adalah sebagai tempat dimana kita memasang RAM yang akan kita gunakan pada komputer. Tergantung spesifikasi dari motherboard sendiri untuk slot RAM biasanya ada dua buah slot bahkan ada juga empat slot, dengan begitu kita dapat memasang RAM dengan jumlah yang cukup banyak.
4. Slot PCI-Express X16
Slot PCI-Express X16 sendiri fungsinya adalah tempat untuk kita memasang VGA eksternal pada motherboard. Bagi yang hobi main game tettu slot ini bakal digunakan untuk memasang VGA karena VGA onboard sendiri belum sanggup untuk digunakan bermain game yang spesifikasinya cukup berat.
5. Slot PCI
Slot PCI ini fungsinya adalah sebagai tempat untuk kita memasang perangkat PCI seperti WiFi card, LAN card, dan sound card.
6. Socket Power Supply
Fungsi dari socket ini berguna sebagai sambungan daya utama dari power supply ke motherboard serta komponen lainnya yang ada pada motherboard.
7. Port SATA
Port SATA sendiri berfungsi sebagai tempat pemasangan kabel data pada hard disk.
8. External Port
Biasanya berada di posisi belakang motherboard, komponen yang ada biasanya adalah : port USB, port VGA, port LAN, Port PS2, jack 3.5 untuk speaker dan port firewire.

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^cc
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.biz...^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Cara Mengatasi Flashdisk Yang File-nya Menjadi Shortcut

Suatu ketika saya ingin mengcopy file ke flashdisk teman saya, saya menemukan bahwa file dalam flashdisk tersebut kosong dan hanya ada ...